Jumat, 22 April 2011

LIBURAN GAK HARUS MAHAL


Hari libur pastilah saat yang sangat ditunggu oleh seluruh anggota keluarga. Setelah lima hari melewatinya dengan kegiatan masing – masing, di hari libur kita dapat berkumpul bersama keluarga, misalnya dengan main game, bersepeda dan tentu saja jalan – jalan. Liburan belum lengkap jika belum main keluar meskipun hanya main di taman dekat rumah, tapi itu sudah bisa menjadi topik cerita kakak Fawwaz di hari senin, saat masuk sekolah. Jika belum jalan – jalan si kakak pasti bertanya;”..ibu hari ini kita kemana..?”saat ditanya”..emang kenapa kak..” jawabnya  “..besuk aku disuruh Missku cerita liburan kemana aja..” katanya,lucu, ya si kakak emang ada – ada aja.
      Meskipun berlibur dan berekreasi, tapi bukan berarti kita harus ke tempat wisata yang mahal khan…walaupun gak ada salahnya juga kalo sesekali kita ke sana. Salah satu tempat wisata murah yang dapat kita kunjungi yaitu Musium Nasional di Jakarta. Dengan harga tiket masuk Rp. 5.000,00 untuk dewasa dan Rp. 2.000,00 untuk anak –anak, kita dapat berwisata sekaligus menambah pengetahuan kita tentang budaya Indonesia, dari zaman prasejarah hingga masa kini.
      Musium Nasional terletak di jl.Medan Merdeka Barat 10110, di bangunan kuno peninggalan masa penjajah Belanda. Di gedung bercat putih ini, di halaman depan kita akan disambut dengan patung gajah. Musium Nasional memiliki berbagai koleksi yang dibagi dalam beberapa kelompok yaitu:
     1.  Sejarah, yang terdiri dari benda – benda peninggalan masa pendudukan eropa sekitar abad 16 – 19 Masehi,berupa perabot, meriam, gelas, keramik, lampu hias, gerabah, prasasti dan lain – lain.
     2.  Geografi, yang terdiri dari fosil, koleksi batuan sedimen dan metamort, berbagai jenis peta, antara lain peta tentang aneka budaya, peta dunia abad 15 – 17 M.
     3.  Prasejarah, yang merupakan suatu kurun waktu pada saat manusia belum mengenal tulisan. Koleksinya antara lain replika tengkorak manusia purba, artefak, paleolitik, mesolitik, neolitik dan artefak logam, yang antara lain berupa kapak genggam dari batubara, kalung manik – manik dari kaca, serta kapak – kapak upacara dari perunggu.                                                          
     4.  Numismatik dan keramik, di mana koleksi numismatik terdiri dari benda – benda koin, uang kertas yang pernah digunakan masyarakat, sedangkan untuk koleksi keramik yang ada terbanyak berasal dari cina dari masa Dinasri Han (206 SM – 220 M) sampai dengan dinasti terakhir yaitu Dinasti Qing (1644 – 1912), lainnya berasal dari Vietnam, Thailand, Jepang, Timur Tengah dan Eropa. 
     5.  Etnografi, yang menyajikan benda – benda hasil budaya dari suku – suku di seluruh Indonesia. Etnografi mempunyai ruang pamer khusus yaitu ruang miniatur rumah adat, ruang tekstil dan ruang khasanah emas .
     6.  Arkeologi, yang meliputi benda – benda budaya hasil kegiatan budaya manusia dari masa Hindu,Buddha (abad 5 – 15 M), koleksinya antara lain arca dewa – dewa Hindu, arca Buddha, arca perwujudan, arca binatang, perhiasan, peralatan upacara,mata uang dan lain – lain.
      Itulah sekilas tentang Monumen Nasional tempat dimana kita menyaksikan rangkuman budaya bangsa kita tercinta, dari zaman prasejarah hingga kini. Dengan mengenal sejarah akan membuat kita semakin cinta dan bangga dengan Negara kita hingga memacu kita dapat memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Berwisata sambil menambah wawasan dan pengetahuan tentu akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk ananda tercinta tapi bagi kita semua tentunya. Berwisata ternyata tidak harus ke tempat yang mahal bukan.

…….HAPPY HOLIDAY…. 

By Desy Ratnaharyani

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com